cover
Contact Name
Syahid
Contact Email
syahid.lppm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sosioekons.ips@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Sosio e-kons
ISSN : 20852266     EISSN : 25025449     DOI : -
Sosio e-kons memuat berbagai artikel ilmiah meliputi Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan Konseling. Semoga jurnal ilmiah ini memberikan kontribusi dalam diseminasi keilmuan Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan dan Konseling sehingga memberikan manfaat teoritis bagi ilmuan dan manfaat praktis bagi kalangan akademisi
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons" : 10 Documents clear
Peranan Perempuan dalam Membangun Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Berprinsip Syariah (Studi Kasus KSU Huwaiza Depok) lindiawatie Lindiawatie; Dhona Shahreza; Anita Ria
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.054 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2601

Abstract

Kebijakan  kesetaraan gender dalam SDGs adalah meningkatkan kualitas dan peran perempuan di berbagai bidang pembangunan. Salah satu pemberdayaan gender dalam pembangunan  adalah berdirinya koperasi simpan pinjam Huwaiza yang  dibentuk atas inisiatif kaum perempuan yang aktif dalam komunitas pengajian dengan sistem operasional syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan perempuan dalam membangun kinerja koperasi yang berlandaskan syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Peran perempuan dalam membangun kinerja koperasi berprinsip syariah adalah  membagi tugas sesuai gender menurut prinsip kesetaraan gender dan non diskriminatif, mendorong fungsi  manajemen sebagai pengelola senantiasa meningkatkan kinerja dengan melibatkan saran dan masukan pengawas bidang manajemen, menjaga operasionalisasi koperasi supaya tetap berada di jalur syariah dengan melibatkan pengawas bagian syariah. Dengan terwujudnya  prinsip kesetaraan gender yang tepat melalui pembagian tugas yang bersifat non diskriminatif dan adil membuat koperasi syariah  mampu meningkatkan aset dan jumlah anggotanya.
Leadership Bupati dalam Pembangunan di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw) edyanto edyanto; Karsiman Karsiman
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.235 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2693

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai kepemimpinan bupati dalam pembangunan  di Kabupaten Tambrauw. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis taksonomis (taxonomis analysis), Analisis taksonomi ini digunakan untuk menjabarkan secara rinci mengenai Leadership Bupati Dalam Pembangunan Di Kabupaten Tambrauw. Hasil penelitian menunjukan bahwa  sejak kepemimpinan Bapak Bupati Gabriel Asem tejadi perkembangan pembangunan yang cukup signifikan, indikatornya bukan hanya dilihat dari angka-angka statistik yang bersifat kuantitatif, hal tersebut dibuktikan penghargaan satya lencana yang telah diperoleh Bapak Gabriel Asem. Bupati Gabriel Asem adalah Bupati yang senantiasa memiliki ide-ide kreatif untuk membangun di segala bidang. Bapak Gabriel Asem adalah bupati yang komitmen membangun Tambrauw. Bapak Bupati Gabriel Asem senantiasa melakukan koordinasi dengan bawahannya, senantiasa menjelaskan visi misi yang hendak dicapai, serta dalam memimpin Kabupaten Tambrauw adalah pemimpin yang tegas dan hal tersebut dibuktikan bahwa beliau tidak terpengaruh dengan kepentingan politik.
Harga dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Upnormal Indah Purnama Sari; Tiara Elsya Medyani
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.767 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2602

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan physical evidence terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun simultan. Sampel diambil sejumlah 100 orang secara acak dari pelanggan Warunk Upnormal. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan metode kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji t, ditemukan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, demikian juga variabel physical evidence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Adapun hasil uji F menunjukkan kedua variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji R2 menunjukkan kontribusi variabel harga dan physical evidence, cukup besar pada variabel kepuasan pelanggan. Rekomendasi bagi perusahaan yaitu, menentukan harga yang tepat sesuai target pasar serta melengkapi fasilitas dengan fasilitas yang unik, kreatif, dan memiliki diferensiasi dengan usaha sejenis. Untuk usaha restoran, faktor physical evidence akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk mengulangi kunjungan. Jika pelanggan merasa puas, maka besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.
Perspektif Tingkat Kemampuan dan Transformasi Wirausahawan Merubah Risiko menjadi Sukses Berwirausaha tedy ardiansyah
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.125 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2558

Abstract

The purpose of this study to determine the level of entrepreneurial ability in the process of changing a constraint or risk into profit or the success of the events that have been done, research methods using research with qualitative descriptive approach, where researchers want to explore phenomena - phenomena that can not be calculated and is descriptive. In general, the reasons for the risks of becoming an entrepreneur are divided into 5 sections: 1. No new experience, 2. No capital, 3. No courage, 4. No guiding person and 5. Fear of getting out of comfort zone. The above risks can be overcome with the level of entrepreneurial ability, the level of ability classified as follows: 1. Risk Averter (avoid the risk), 2. Comfort Risk Calculation Taker (people who calculate the risk should be less than the gain he earned), 3 Risk Calculation Taker (risk taking business with safe calculation) 4. Risk Manager (risk manager for him) 5. Risk Taker (Risk Taker). The conclusion that the level of ability of entrepreneurs can change the risk of becoming an entrepreneurial susceptible. Keywords: Entrepreneurs, Entrepreneurial, Transformation, Risk, SuccessTujuan penelitian ini untuk mengetahui Tingkat kemampuan dan transformasi wirausahawan didalam proses merubah suatu kendala atau risiko menjadi keuntungan atau kesukseskan dari peristiwa-peristiwa yang telah dilakukan, metode penelitian menggunakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti ingin mengeksplor fenomena – fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan yang bersifat deskriptif. Secara umum alasan risiko untuk menjadi wirausahaan dibagi menjadi 5 bagian yaitu: 1.Tidak mempunyai pengalaman baru, 2. Tidak mempunyai modal, 3. Tidak mempunyai keberanian, 4. Tidak ada orang yang menuntun dan 5. Takut keluar dari zona nyaman. Risiko tersebut diatas dapat diatasi dengan tingkatan kemampuan dan Transformasi wirausahawan, untuk Tingkat kemampuan antara lain: 1. Risk Averter (menghindar dari risiko), 2. Comfort Risk Calculation Taker (orang yang menghitung risiko yang terjadi harus lebih kecil dari keuntungan yang ia peroleh), 3. Risk Calculation Taker (berani mengambil risiko usaha dengan perhitungan aman) 4. Risk Manager (manajer risiko bagi dirinya) 5. Risk Taker (Pengambil Risiko), serta Transformasi kewirausahaan yaitu 1.Pola pikir & paradigm, 2.Visioner (Kreatif & inovasi), 3.Owner, dan terakhir 4.Investor. Hasil kesimpulan bahwa tingkat kemampuan dan Transformasi wirausahwan dapat merubah risiko menjadi suskses berwirausaha. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Tingkat kemampuan dan transformasi wirausahawan mempunyai korelasi perubahan risiko menjadi kesuksesan.Kata kunci: Kewirausahaan, Tingkat Kemampuan, Transformasi, Risiko, Kesuksesan
Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Fibria Anggraini Puji Lestari
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1083.874 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2718

Abstract

ABSTRACT This study to determine the effect of service quality on customer satisfaction. In this study data obtained from questionnaires distributed to customers  This research uses multiple liniear analysis with SPSS 19.0 for windows software.The results of this study indicate that the variables tangibles (0,145), reliability (0,131),responsivness (0,196),assurance (0,227),and empaty ( 0,432) have a  positif effect on customer satisfaction. And empaty is the dominant free variable is a foury variable of 0.432 . Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini data diperoleh dari kuesioner yang disebar ke pelanggan dengan menggunakan analisis liniear berganda dengan software SPSS 19.0 for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangibles (0,145) , reliability (0,131),responsiveness (0,196), assurance ( 0,227) dan empaty ( 0,432) berpengaruh positif  terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci :    Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Studi Pelayanan Pengurusan Tanah Adat di Kota Sorong Muhammad Ridha Suaib; Edyanto Edyanto
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.222 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2677

Abstract

Penelitian untuk menganalisis pelayanan pengurusan tanah adat di Kota Sorong. Pelayanan pengurusan tanah dilaksanakan di Kantor Pertanahan Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisa, tehnik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pengurusan tanah pada Kantor Pertanahan Kota Sorong dilaksanakan dengan sistem loket. Adapun aparat pada Kantor Pertanahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat telah menunjukkan transparansi dalam pelayanan, namun dalam hal profesionalisme menunjukkan belum optimalnya aparat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aparat pelayanan di Kantor Pertanahan telah memberikan kemudahaan dalam pengurusan tanah kepada masyarakat. Namun dalam hal profesionalisme, aparat menunjukkan belum optimal dalam pelayanan.
SAMUDERA BIRU Sebagai Kerangka Kesuksesan Bisnis “Pocary Sweat” tulus widjajanto
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.578 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2691

Abstract

ABSTRAKPersaingan dalam kompetisi langsung satu sama lain demi mengejar pertumbuhan yang stabil dan menguntungkan merupakan jalan yang ditempuh oleh perusahaan sejak jaman dulu. Mereka bertarung demi keuntungan kompetitif, berebut pangsa pasar dan berjuang menciptakan diferensiasi. Padahal tanpa disadari persaingan tersebut akan menghasilkan  laba yang semakin menyusut.  Mengingat pada kondisi persaingan yang ketat, perusahaan dipaksa untuk berkompetisi dan berusaha untuk menciptakan nilai bagi pelanggan.Konsep samudera biru dimunculkan oleh Profesor Kim dari Harvard University dengan harapan untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat. Strategi Samudera Biru menggambarkan pergeseran paradigma dalam aksi strategi. Sebagai ilustrasinya Kim dan Mauborgne membagi dunia strategi bisnis menjadi dua samudra, yaitu Samudera Merah (fokus kepada kompetisi yang ada) dan Samudera Biru (keluar dari kompetisi dan menciptakan inovasi baru).Samudra merah akan selalu penting dan menjadi fakta dari dunia bisnis. Tetapi, dengan kondisi pasokan yang melebihi permintaan disebagian besar industry, berkompetisi meraih pangsa dari pasar yang bersitegang, meski perlu tidak akan memadai untuk mendukung kinerja prima. Perusahaan perlu melampaui kompetisi. Untuk meraih laba dan kesempatan pertumbuhan baru, perusahaan juga perlu menciptakan samudera biru. Kata kunci:  Samudera Biru sebagai alat untuk memenangkan persaingan
Identification of Problems and Solution of The Micro Small Middle Entreprise with Nvivo-Software Siska Maya; Larisa Yohanna
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.2 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2606

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah bahasan yang sangat menarik karena perkembangan UMKM sangat memberikan dampak yang baik terhadap perekonomian. Manfaat yang didapat oleh negara sangat banyak sekali dampaknya jika perkembangan UMKM semakin baik. Salah satunya adalah pengangguran akan semakin menurun karena dengan banyaknya UMKM bermunculan maka sangat berhubungan positif dengan kebutuhan tenaga kerja. Selain itu, dengan sedikitnya pengganguran tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja yang menjadi hambatan Usaha Mikro Kecil Menengah selama ini dan bagaiman solusi jangka pendek yang dilakukan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah. Hambatan dan solusi yang diteliti adalah usaha mikro kecil menengah ‘shusimurah’ yang sudah berjalan lebih dari 10 tahun.
Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati deddy dariansyah
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.546 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana Pengaruh Displin Kerja, Motivasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja pegawai pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka dan survey lapangan dengan pendekatan analisis statistik regersi. Dengan menggunakan metode serta variabel- variabel tersebut diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada pegawai dilingkunganpada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kramat Jati Jakarta Timur. Responden penelitian ini adalah 75 Pegawai dengan menggunakan teknik sampel survey.Hasil analisis menunjukkan bahwa Disiplin Kerja dan Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai dalam kategori pengaruh sedang. Hal ini bisa dilihat dari hasil statistik uji korelasi dan uji hipotesis dimana dari kedua variabel tersebut dengan menggunakan linier berganda uji F dan uji T. Sedangkan uji statistik untuk variabel kualitas pelayanan dipengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian temuan empiris ini mengindikasi bahwa untuk meningkatkan kinerja pegawai perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan memperbaiki tingkat kedisiplinan dan motivasi pegawai.Kata Kunci: Disiplin Kerja, Motivasi, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai
Pengaruh Kebijakan Deviden, Growth Opportunity dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Intervening Agus Dodi Hermawan
Sosio e-Kons Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.559 KB) | DOI: 10.30998/sosioekons.v10i2.2690

Abstract

Metode penelitian ini mengunakan teknik nonprobability sampling adalah purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel pengambilan yang berdasarkan pertimbangan tertentu dimana syarat yang dibuat sebagai kriteria yang harus dipenuhi oleh sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis path Hasil penelitian menunjukan variabel kebijakan dividen, struktur modal, kepemilikan manajerial berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan growth opportunity tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen, Growth Opportunity berpengaruh secara signifikan terhadap kepemilikan manajerial. Sedangkan struktur modal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepemilikan manajerial  kebijakan dividen secara langsung mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 0,213 , pengaruh tidak langsung kebijakan dividen  terhadap nilai perusahaan melalui kepemilikan manajerial sebesar 0,145 growth opportunity secara langsung mempengaruhi nilai perusahaan sebesar -0,004. Pengaruh tidak langsung growth opportunity terhadap nilai perusahaan melalui kepemilikan manajerial sebesar -0,00203 dan struktur modal secara langsung mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 0,739, pengaruh tidak langsung struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui kepemilikan manajerial sebesar 0,739Kata kunci : Kebijakan dividen,growth opportunity, struktur modal, kepemilikan manajerial dan nilai perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10